Ilustrasi commercial espresso machine

Berbagai Jenis Commercial Espresso Machine

Terdapat beberapa jenis alat mesin pembuat kopi, mulai dari yang manual, semi otomatis dan hingga yang full otomatis. Para pecinta kopi pasti dapat merasakan perbedaan rasa biji kopi yang sama yang diseduh oleh tiap barista dengan keahlian masing-masing dan juga dengan menggunakan alat pembuat kopi yang berbeda-beda. Jadi jenis dan tipe alat penyeduh kopinya akan sangat menentukan rasa dan aroma kopi yang dihasilkan, selain keahlian barista peracik kopinya. Berikut ini beberapa commercial espresso machine, yang bisa dipilih.

Jenis Commercial Espresso Machine

Jenisnya ada sebagai berikut.

Commercial Espresso Machine Manual

Mesin kopi ini sangat memerlukan kontrol dan penanganan secara manual dari barista kopi pada tiap tahapannya. Biasanya digunakan untuk coffee shop khusus yang sangat mengutamakan kualitas sajian kopinya.

Commercial Espresso Machine Semi Otomatis

Mesin kopi ini lebih praktis dan memudahkan proses pembuatan kopi. Terdapat dua tipe sebagai berikut.

Manual Control

Mesin kopi ini masih harus dimatikan dulu setelah kopi dituang dan menunggu 30 detik terlebih dahulu untuk proses ekstrasinya.

Programmable Doses

Mesin kopi ini bisa berhenti otomatis pada saat mencapai jumlah ukuran volume kopi yang telah diatur sebelumnya.

Commercial Espresso Machine Full Otomatis

Mesin kopi ini sering disebut juga sebagai volumetric commercial espresso machine, yang mampu menyajikan kopi dalam jumlah volume yang banyak secara konsisten dalam sekali sentuh tombol secara otomatis. Lalu ada juga mesin bean to cup, yang simpke dan praktis. Sangat cocok digunakan pada resto kopi yang padat pengunjung.

Aneka Merk Commercial Espresso Machine

Sedangkan berbagai merknya ada beragam. Best commercial espresso machine ada yang buatan Italia atau Jerman, atau Jepang maupun buatan lokal Indonesia. Dari Italia ada DeLonghi Combi. Merk ini telah eksis sejak tahun 1902. Salah satu produknya yang berharga 3,6 juta Rupiah telah dilengkapi dengan espresso pump dan juga drip coffee, sehingga bisa digunakan untuk  membuat kopi espresso, dan latte, juga cappuccino hingga sajian kopi tubruk. Lalu dari Jerman ada merk merek Krups yang juga telah memproduksi berbagai alat mesin kopi sejak tahun 1900. Harganya memang di kisaran jutaan Rupiah tapi kualitasnya juga sebanding dengan harganya. Kemudian masih banyak merk lainnya yang juga tak kalah bagusnya dalam berbagai variasi daya watt kebutuhan listriknya.

Bagian Mesin Commercial Espresso Machine

Pada dasarnya mesin Commercial Espresso Machine itu ada bagian-bagian sebagai berikut.

Portafilter

Wadah bubuk kopi ini harus terjaga konsisten suhunya. Terdiri dari bagian handle, dan basket, serta spouts. 

Tamper

Bagian ini untuk tamping atau memadatkan bubuk kopinya.

Group Head

Bagian ini untuk proses ekstraksi bubuk kopi, yang mendapat semburan air panas dari boiler. Terdapat bagian group head basket yang harus diganti tiap 12 bukan sekali, tergantung pemakaian, agar group head bisa selalu tertutup rapat.

Steam Knob

Bagian ini untuk mengatur jumlah uap air yang keluar.

Steam Wand

Bagian ini bisa mencapai 100 derajat Celcius ketika beroperasi. Gunanya untuk mendidihkan susu dan lain sebagainya.

Extraction Switch

Bagian ini untuk menghentikan proses ekstraksi jika telah selesai. Dan lain sebagainya Pilih commercial espresso machine sesuai kebutuhan.

Ini Dia Faktor yang Mempengaruhi Murah atau Mahalnya Biaya Maklon Kosmetik

Ini Dia Faktor yang Mempengaruhi Murah atau Mahalnya Biaya Maklon Kosmetik

Dewasa ini, usaha di bidang kosmetik menjadi usaha cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Banyak pihak berlomba-lomba meluncurkan produknya dan berlomba-lomba memikat hati para konsumen. Namun, banyak pula yang masih bingung terkait istilah maklon kosmetik disertai faktor yang mempengaruhi murah atau mahalnya biaya maklon kosmetik.

Mengenal Maklon Kosmetik

Sederhananya, maklon kosmetik berarti Anda menguasakan ke pihak lain sebagai pabrik maklon kosmetik guna membuat produk-produk kosmetik dengan merek Anda. Jumla yang dikeluarkan juga sesuai kesepakatan dua belah pihak yakni dari Anda sebagai pemilik brandnya dan dari pihak pabrik maklonnya. Dengan kata lain, pihak maklon tidak boleh memproduksi kosmetik jika tidak ada perizinan atau permintaan dari Anda.

Nah, yang sering diperbincangkan adalah terkait biaya maklon khususnya biaya maklon kosmetik 2021. Pasalnya, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi murah dan mahalnya biaya maklon seperti yang disebutkan di bawah ini.

Faktor yang Memengaruhi Murah atau Mahalnya Biaya Maklon Kosmetik

  • Varian Produk Kosmetik yang Dibuat

Jumlah variasi produk menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh besarnya biaya maklon oleh klien. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah tidak semua maklon memperbolehkan kliennya mengeluarkan lebih dari satu varian kosmetik. Namun, untuk maklon yang tidak ada batasan varian, tentu semakin banyak varian kosmetik maka biayanya juga semakin meningkat. Namun bisa juga mendapatkan potongan harga untuk jumlah tertentu.

  • Jumlah Produk yang Diproduksi

Jumlah produk yang Anda pesan juga memengaruhi besar kecilnya biaya maklon yang dikeluarkan. Umumnya, semakin banyak jumlah produk yang Anda pesan dari tiap-tiap variannya, justru akan mendapatkan harga satuan lebih murah. Begitu juga sebaliknya, jika tiap varian jumlah produk yang dipesan sedikit, justru harga per produknya bisa semakin mahal. Itu sebabnya Anda juga harus mempertimbangkan hal ini.

  • Bahan-Bahan Aktif dari Produk

Konsentrasi atau takaran bahan aktif juga memberikan dampak cukup signifikan pada harga pokok produksi di setiap perusahaan maklon kosmetik. Pasalnya, semakin banyak jumlah bahan aktif yang Anda jadikan sebagai formula kosmetik, maka semakin tinggi pula konsentrasi bahan tersebut sehingga harga setiap produk pun menjadi lebih tinggi.

Itulah faktor yang memengaruhi murah mahalnya biaya maklon kosmetik yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membuat rancangan anggaran biaya untuk bisnis kosmetik sendiri.

4 Langkah Pengembangan Produk di Pabrik Kosmetik yang Ideal

4 Langkah Pengembangan Produk di Pabrik Kosmetik yang Ideal

Dalam industri kosmetik dan perawatan kulit yang kian berkembang, merek dan produsen perlu terus berkreasi dan berinovasi. Anda mungkin berhasil membangun pabrik kosmetik di Jakarta, namun Anda pun harus bertahan menjalankan bisnis ini.

Koleksi produk kosmetik semakin beragam karena seringnya perubahan musim yang berpengaruh pada kondisi kulit seseorang. Tak jarang, banyak persoalan terkait perawatan yang membutuhkan solusi. 

Tahapan Inovasi Produk pada Pabrik Kosmetik

Pabrik kosmetik di Indonesia saat ini terus membuat inovasi. Tak heran, proses pengembangan produk baru pun dioptimalkan untuk evolusi pasar yang lebih sesuai dengan menggunakan teknologi baru yang tersedia. Tapi, apa tahapan utama saat mengembangkan produk baru?

Konsep pemasaran singkat

Membuat ringkasan pemasaran adalah kunci ketika mengembangkan produk baru karena ini adalah titik awal dari setiap proyek. Semakin detail, semakin mudah untuk menggunakannya. Termasuk dalam marketing brief adalah persyaratan produk dan kemasan seperti kategori produk, fungsi yang diinginkan, warna, bau, tekstur, ukuran, dan lainnya.

Setelah disetujui, dapat dibagikan dengan departemen lain untuk memulai pengembangan produk. Tim Research and Development akan menggunakannya untuk membuat formula dan prototipe produk. 

Tim pengemasan memilih paket produk berdasarkan persyaratan yang ditunjukkan dalam ringkasan. Tak lupa, tahapan untuk menyesuaikan harga produk. Konsumen menyukai harga yang ekonomis, ini akan membuat pabrik kosmetik murah namun berkualitas.

Formulasi produk

Berdasarkan persyaratan pemasaran singkat, ilmuwan sekarang dapat bekerja pada formulasi produk kosmetik. Setiap klaim dianalisis dan beberapa prototipe dibuat untuk perbandingan. Konsentrasi, alergen, reaksi kimia atau biaya dievaluasi agar sesuai dengan persyaratan dan memastikan keamanan produk.

Bahan baku dan sumber kemasan

Setelah formula ditentukan, tim perlu memilih bahan baku dan pemasok pengemasan. Daftar persyaratan seperti fungsi zat, alergen, ukuran, warna, bau, dll, dikirim ke beberapa pemasok untuk dibandingkan. Kualitas, biaya, fungsi kemudian dianalisis untuk validasi akhir. Segera setelah bahan baku disetujui, formula diselesaikan dan prototipe dibuat.

Desain karya seni kemasan

Setelah memilih pemasok kemasan, saatnya mengerjakan desain karya seni. Tim harus mendesain kemasan luar produk. Kemasan adalah hal pertama yang akan dilihat dan dibaca konsumen tentang produk. Teks, warna, grafik, semuanya dipilih dengan cermat sesuai dengan kemasan luar dan persyaratan singkat pemasaran.

Kualitas dan kepatuhan

Untuk dapat diluncurkan, produk harus aman digunakan dan mematuhi peraturan di mana akan dikomersialkan. Beberapa pengujian kualitas harus dilakukan seperti mikrobiologi, toksikologi, uji stabilitas untuk membuktikan keamanan produk.

Demikian tahapan untuk mengembangkan produk berkualitas agar citra pabrik kosmetik Anda semakin dipercaya.

image