Berbagai Jenis Commercial Espresso Machine

Terdapat beberapa jenis alat mesin pembuat kopi, mulai dari yang manual, semi otomatis dan hingga yang full otomatis. Para pecinta kopi pasti dapat merasakan perbedaan rasa biji kopi yang sama yang diseduh oleh tiap barista dengan keahlian masing-masing dan juga dengan menggunakan alat pembuat kopi yang berbeda-beda. Jadi jenis dan tipe alat penyeduh kopinya akan sangat menentukan rasa dan aroma kopi yang dihasilkan, selain keahlian barista peracik kopinya. Berikut ini beberapa commercial espresso machine, yang bisa dipilih.

Jenis Commercial Espresso Machine

Jenisnya ada sebagai berikut.

Commercial Espresso Machine Manual

Mesin kopi ini sangat memerlukan kontrol dan penanganan secara manual dari barista kopi pada tiap tahapannya. Biasanya digunakan untuk coffee shop khusus yang sangat mengutamakan kualitas sajian kopinya.

Commercial Espresso Machine Semi Otomatis

Mesin kopi ini lebih praktis dan memudahkan proses pembuatan kopi. Terdapat dua tipe sebagai berikut.

Manual Control

Mesin kopi ini masih harus dimatikan dulu setelah kopi dituang dan menunggu 30 detik terlebih dahulu untuk proses ekstrasinya.

Programmable Doses

Mesin kopi ini bisa berhenti otomatis pada saat mencapai jumlah ukuran volume kopi yang telah diatur sebelumnya.

Commercial Espresso Machine Full Otomatis

Mesin kopi ini sering disebut juga sebagai volumetric commercial espresso machine, yang mampu menyajikan kopi dalam jumlah volume yang banyak secara konsisten dalam sekali sentuh tombol secara otomatis. Lalu ada juga mesin bean to cup, yang simpke dan praktis. Sangat cocok digunakan pada resto kopi yang padat pengunjung.

Aneka Merk Commercial Espresso Machine

Sedangkan berbagai merknya ada beragam. Best commercial espresso machine ada yang buatan Italia atau Jerman, atau Jepang maupun buatan lokal Indonesia. Dari Italia ada DeLonghi Combi. Merk ini telah eksis sejak tahun 1902. Salah satu produknya yang berharga 3,6 juta Rupiah telah dilengkapi dengan espresso pump dan juga drip coffee, sehingga bisa digunakan untuk  membuat kopi espresso, dan latte, juga cappuccino hingga sajian kopi tubruk. Lalu dari Jerman ada merk merek Krups yang juga telah memproduksi berbagai alat mesin kopi sejak tahun 1900. Harganya memang di kisaran jutaan Rupiah tapi kualitasnya juga sebanding dengan harganya. Kemudian masih banyak merk lainnya yang juga tak kalah bagusnya dalam berbagai variasi daya watt kebutuhan listriknya.

Bagian Mesin Commercial Espresso Machine

Pada dasarnya mesin Commercial Espresso Machine itu ada bagian-bagian sebagai berikut.

Portafilter

Wadah bubuk kopi ini harus terjaga konsisten suhunya. Terdiri dari bagian handle, dan basket, serta spouts. 

Tamper

Bagian ini untuk tamping atau memadatkan bubuk kopinya.

Group Head

Bagian ini untuk proses ekstraksi bubuk kopi, yang mendapat semburan air panas dari boiler. Terdapat bagian group head basket yang harus diganti tiap 12 bukan sekali, tergantung pemakaian, agar group head bisa selalu tertutup rapat.

Steam Knob

Bagian ini untuk mengatur jumlah uap air yang keluar.

Steam Wand

Bagian ini bisa mencapai 100 derajat Celcius ketika beroperasi. Gunanya untuk mendidihkan susu dan lain sebagainya.

Extraction Switch

Bagian ini untuk menghentikan proses ekstraksi jika telah selesai. Dan lain sebagainya Pilih commercial espresso machine sesuai kebutuhan.